Kalender Bali Online

Jumat, 28 September 2012

Makna Canang sari dan Kwangen

Diposting oleh I WAYAN SUDIRA at Jumat, September 28, 2012


1.            Canang Sari
Dalam upacara agama Hindu di Bali canang sari adalah merupakan inti dari banten, karena bagai manapun besarnya banten kalau tidak berisi canang sari maka benten itu disebut sebel  (kotor) artinya canang sari merupakan kesempurnaan dari sebuah banten. Melihat bentuknya canang sari itu menyerupai susunan lingga yaitu dasar dari  segi empat, lapisan atasnya segi delapan dan dipuncaknya bundar dan dihiasi dengan bunga beraneka warna.
Bunga dalam pandangan agama Hindu adalah alat menyampaikan rasa baik rasa sedih, simpati/ cinta. Dalam masyarakat sering didengar kata-kata “yadiastun tusing ngidang ngae banten gede bates canang atanding ngidang ngaturang masih dadi”. Maksudnya meski tidak bisa membuat sesajen besar kalau sudah membuat canang sudah cukup.
Inti dari canang sari adalah porosan yang terbuat dari  tiga unsure utama yaitu Pinang, sirih dan kapur/ sedah. Dalam lontar Yadnya Prakerti pinang, sirih dan kapur adalah lambing pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasi beliau sebagai Sang Hyang Tri Murti yaitu :
a.       Pinang (merah) lambang pemujaan kepada Dewa Brahma.
b.      Sirih (hitam) lambang pemujaan kepada Dewa Wisnu
c.       Kapur lambang pemujaan kepada Dewa Iswara.

Mengapa Tuhan dipuja dalan tiga manifestasi (tri murti) oleh umat Hindu? Karena tiga manifestasi inilah yang sangat terkait dengan kehidupan umat manusia sehari-hari, manusia tidak mungkin menjangkau kemahakuasaan Tuhan yang tiada terbatas itu. Manusia dalam kehidupan sehari-hari menuju kepada peningkatan hidup yang semakin layak dan semakin baik karenanya membutuhkan tiga hal pokok yang dalam ajaran Hindu disebut dengan Tri Kona yaitu :
Pertama      : tercipta dan tumbuh sebagai sesuatu, baik fisik, material maupun mental spiritual untuk menunjang kehidupannya mencapai kahidupan yang semakin layak.
Kedua        : segala sesuatau yang telah tecipta itu, dapat terpelihara dengan baik juga untuk menjunag cita-cita hidup tadi.
Ketiga        : manusia pun menuju cita-citanya mengharapkan dapat mengatasi dan kalau mungkin mengtiadakan sesuatu yang menghambat atau menghalangi hidupnya.
Ketiga ciri dari proses kehidupan itulah yang menyebabkan manusia menuju Tuhan Yang Maha Esa dalam tiga fungsuinya. Umat Hindu memuja Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Brahma yaitu fungsinya sebagai mencipta dengan maksud memohon perlindungan dan karunia agar terbebas dari segala rintangan dan halangan.
Demikian pula Umat Hindu memuja Tuhan dalan manifestasinya sebagai Dewa wisnu yaitu fungsinya sebagai dewa pelindung dan pemelihara agar manusia selalu mendapat tuntunan dan kekuatan iman untuk dapat memelihara segala sesuatau yang patut dipelihara di dunia ini.
Tuhan dipuja debagai Dewa Iswara juga dimaksudkan agar manusia dalam usahanya melenyapkan atau menghilangkan segala sesuata yang menghambat cita-cita sucinya untuk meuju hidup yang bahagia lahir dan batin.

2.            Kwangen
Mungkin umat Hindu di Bali mengetahui bahwa kwangen digunakan untuk memuja Ida Bhatara “Samo daya” yaitu Ida Sanghyang Widhi beserta manifestasinya.
Dalam lontar indik tetandingan sebutkan bahwa kwangen itu adalah simbul ong kara dimana mulut kawangen lambang arsa candra, wang bolong lambang windu (kosong) dam sampian kawangen lambang nada (bintang), dalam upacara pitra yadnya dipakai linggih Sang Hyang Atma yang sedang diupacarai begitu juga dalam upacara Dewa Yadnya/ persembahyangan kawangen dijadikan tempat lingga Ida SangHyang Widhi Wasa.
Namun disisi lain canang sari dan kawangen disalah fungsikan dimana yang fungsinya yang begitu sakral digunakan sebagai sarana untuk menyambut tamu itu sama saja menghancurkan simbul agama kita yang amat kita sucikan. Maka dari itu mari kita sama-sama menjaga dan memelihara sarana dan prasarana upacara yang mempunyai makna dan nilai yang amat sakral bagi umat Hindu.

  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

Archive

 
© 2012 SOFTECHNOGEEK | Modifikasi dan Publikasi Kodokoala. All Rights Reserved.